Sumber: http://kamu-klik.blogspot.com/2011/12/gabung-komentar-fb-dengan-blog.html#ixzz1tOXva9gx

JADILAH ORANG YANG BERGUNA UNTUK SESAMA

Laman

Selasa, 08 November 2011

DESA PEDATARAN

Itu adalah nama sebuah desa yang ada di sumatera selatan,memang itu bukan desa yang terkenal,namun bagi saya itu adalah desa yang selalu aku rindukan,jika saya merantau ke kota,karena disanalah kenangan masa kecilku yang tidak bissa aku lupakan,di desa itulah saya pertama kali menangis di dunia.kenangan disana sangatlah banyak,baik kenangan yang senang maupun yang sedih,baik saya tertawa maupun menangis,disanalah saya bermain dengan penuh kesenangan,banyak sekali teman-teman saya disana. tempat bermain yang paling bisa membuat hati saya senang adalah desa itu..

Disana saya bermain disungai,memancing yang sangat banyak cerita.bermain di sungai seperti bermain perahu yang terbuat dari batang pisang,dari kayu besar yang dibuang orang di sungai,atau lompat dari jembatan yang bisa membuat saya berteriak sekuat-kuatnya,atau bermain perang lumpur,dan juga berenang di dalam sungai dengan membuat terowongan dari rumput-rumput sungai..dahulu ketika musim hujan datang orang2 di desa itu beramai-ramai menangkap ikan-ikan kecil dengan menggunakan yang kami sebut "tangkol".dan jika hasilnya banyak bisa kami jual dengan 1 kaleng susu Rp.1000..walupun hasilnya dikit bisa kami bawa pulang untuk makan sendiri..

Tetapi sekarang sungai didesa itu sudah dangkal karena sampah yang di buang di sungai.dahulu di desa itulah saya mulai menjual ES keliling desa.yang saya jual memang bukan milik kami,tetapi milik tetangga..setiap hari sepulang sekolah saya mengambil Es itu.saya menjual bermacam-macam Es,yaitu Es pisang,Es pepaya,dan Es bungkus saya menjual dengan harga Rp.100/buah.dan pemilik Es itu menjual kepada saya Rp.75/buah.jadi setiap buahnya saya mendapatkan untung Rp.25/buah..biasanya saya mengambil 100 buah.hasilnya cukup untuk saya jajan..terkadang habis laris,namun terkadang juga tidak habis,pemilik Es itu terkadang melebihi dari 100buah itu untuk saya makan sendiri.selain saya menjual Es.

Saya juga sempat berjualan pempek panggang sewaktu saya SMP kelas 1..Ibu saya pagi-pagi sekali selalu membuat pempek itu untuk kemudian saya jual di SD pedataran yang berada dekat rumah saya,jam 6 saya sudah siap di dekat pagar SD itu,menunggu anak-anak SD keluar..saya sangat senang karena pempek saya jarang tidak habis,dan jam 8 selalu sudah habis di beli anak-anak..setelah jualan saya siap-siap untuk berangkat sekolah.

Waktu itu saya masuk siang..jam 10 saya siap mengayuh sepeda utnuk pergi ke SMP terdekat desa saya yaitu SMp 2 Gelumbang.kami selalu membawa nasi untuk dimakan dijalan..karena terkadang kami tidak sempat untuk makan siang,.bututh waktu 1jam untuk sampai disana itupun jika diantara kami tidak ada yang mengalami kerusakan sepeda.jika hujan kami kehujanan dan jika panas kami sangat kepanasan..kami selalu berharap ada truk punya orang desa kami lewat..agar kami bisa naik truk tersebut.

Namun tidak semudah itu karena supir truk malas untuk mengangkat sepeda kami ke atas truk,karena kami sangt banyak,tetapi kami memakai alasan pura-pura rusak sepeda..hahaa,,kami pun tidak pernah meninggalkan sifat jahil kami,,bahkan kami sering mencuri jeruk di pertengahan jalan,untuk pertama-tama saya tidak mau,karena saya takut,namun lama-kelamaan sya ikut juga..kami selalu kompak,jka salah satu dari kami ada yaang rusak sepeda kami saling membantu,terkadang kami pulang malam..cerita didesa ku sangat banyak,ini hanya yang ingin aku ungkapkan saja..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar